Rabu, 01 September 2010

ATOM KARBON SEBAGAI SENTRAL SENYAWA ORGANIK


Oke guys akhirnya gw mulai nulis lai, kali ini gw mw nulis tentang atom carbon , masa blog tentang kimia ga ada pengetahuan kimianya??,hahah. Atom carbon sebagai unsur sentral senyawa organik!!. Mengapa itu bisa terjadi??? karbon adalah usur yang memiliki nomor massa 6 dengan konfigurasi elektorn 1s2 2s2 1p2.



Dengan 2 elektron terluar di orbital p maka seharusnya C bisa menarik 2 atom H di alam.Nyatanya dan Faktanya di alam tidak ada unsu CH2 tapi yang ditemukan (ga bisa dilihat lo, tapi diketahui gejala dan fenomenanya ) di alam adalah unsur CH4. MENGAPA?? Karena electron – electron pada C mengalami hibridisasi. Hibridisasi dijelaskan sebagai penyetaraan tingkat energi sehingga adanya penggabungan orbital. Orbital s mempunyai energi yang lebih tinggi daripada orbital p , proses hibridisasi diawali dengan eksitasi 1 elektron dari orbital s menuju ke satu orbital p yang kosong, sehingga didapat 4 orbital yang setengah terisi penuh, 1 orbitals dan 3
orbital p.



Proses selanjutnya yaitu penyetaraan tingkat energi, orbital s yang mempunyai enrgi lebih tinggi menjadi setara dengan tingkat energy orbital p sehingg orbital yang ada menjadi sp3. Setelah setara semua orbital yang telah disebut orbital sp3. Setelah itu atom karbon bisa mengikat 4 buah atom hydrogen bebas di alam




Dosen organik gw berkata “Orang kimia itu sok tahu, kenapa??. Ya kita membicarakan dan mempelajari sesuatu yang abstrak, Pernahkahkah kita melihat CO2, etanol, metana, dan butana?? Belum kan??. Tapi yang kita pelajari adalah fenomena yang ditimbulkan oleh unsur tersebut”. Selama ini gw baru ngeh kalo emang bener perkataan dosen gw (agak telat juga sih menyadarinya,tapi belum terlambat untuk tetap mempelajarinya,heheh),
Jadi gw disini cuma mau share aj, semoga bermanfaat, hehehe. Dikomenin ya……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar