Sabtu, 09 Oktober 2010

DONOR berDARAH

Dah lama ga nulis baru sekarang mau nulis lg coz kmren2 lagi sibuk ngerjain proker gw di tempat gw mengabdi (heheh).

Kali ini gw mw share aja pengalaman gw dalam melaksanakan kegiatan ,dan celakanya gw yang jadi penanggung jawabnya. Hahaha gw dikasih tugas untuk mengadakan acara sosial di kampus gw dan yang menjadi kegiatan rutin di tempat gw yaitu donor darah. Sebenarnya hal ini tugas yang bisa gw bilang cukup mudah tapi prosesnya sulit. Kenapa??


Mudah karena gw cuma ngehubungin PMI pusat buat ngadain donor darah di kampus gw trus ntar dateng deh merekan nyedot-nyedotinin darah orang yang mau donor (serem banget kayaknya hahah)dan gw ngontrol deh,enak kan??. Proses yang gw lakuin juga sebenarnya gampang ko, gw coba sederhanakan proses yang udah gw lakuin


1.Ke PMI pusat dateng, basa-basi, ngemeng-ngemeng, minta tanggal kosong dari PMI, pesen deh

2.Konfirmasi by phone ke PMI tanggal yang dah di setujuin antara 2 pihak ( gw dan PMI)

3.Konfirmasi terakhir by phone juga sama surat pengadaan donor darah

4.Siapin tempat buat PMI melakukan tugasnya

5.PMI nyedot darah, gw ma temen lainnya ngontrol

6.PMI pulang, Selese dh

And the hardest thing is,,, sumpah di bagian ini gw kesel banget kudu bulak-balik kosan- kampus- kosan cuma buat minta tanda tangan petinggi jurusan biar surat peminjaman tempat di acc dan acara itu anggapannya sah untuk dilakukan. Proses ribetnya kira-kira gini.

Seminggu sebelum acara kudu nyiapin surat peminajaman ruangan dan butuh 5 tanda tangan biar bisa tembus. Disini yang banyak masalahnya. Sumpah!!! Gw baru pertama kali ngurus2 tanda-tangan ke petinggi fakultas selama 2 tahun gw kul,hahahah
Tanda tangan 1-2 mah gampang kan gw sebagai ketuplak dan temen gw sebagai ketuanya, tiap hari juga ketemu, jadi gampang dh,hehe. Yang ribet itu ketua jurusan, sie perkap, ma PD II sebagai bagian sarana dan prasana. Gw mendingan ngurusin acara non formal deh daripada harus luntang-lantung minta ttd tu orang bertiga. Dan begonya gw tuh,,, surat salah semua. ARRRGGGH tidaaaakkk!! Udah dapet tanda tangan orang ke3 taunya kudu minta lagi izin peminjamansama orang ke 6 dan 7. Udah 6 n 7 oke! taunya gw salah minta izin lagi (bodoh sekali gw) . Harusnya gw minta ttd orng ke 8. Eddaaaaan bodoh bener gw. Udah tuh dapet si orang ke 8. (surat dah 2x salah ceritanya) eehh si bapak-bapak ke3 gada lagi buat dimintain ttd. Sial #mulai fustasi.


Gw dapat ttd orang ke3 pada H-1. Sore pula itu, gw yakin gw masih bisa dapat ttd tu orang ke4 dan ke5. Ttd orang ke 4 lancar dapatnya walaupun sedikit basi basi. Ini dia orang terakhir, dan gw tungguin di ruangaanny, taunya kata sekretarisnya ntar jam 4 sore selese, yadah gw tinggal aj dengan harapan surat nya besok dah di tanda tanganin.


Besoknya kabar buruk yang gw terima. Surat gw salah!! AARRRGGH Tidaaak (teriak orang frustasI). Sekretarisnya bilang tanggal ma harinya salah, gw tulis : selasa, 6 Oktober 2010 harusnya: Rabu,6 Oktober 2010, “buruan print lagi aj dek” katanya , padahal acara dah mau mulai sejam lagi. Yadah gw pulang lagi ke kosan bwt ngambil data surat peminjaman ini. Kabar buruk lagi. PMI dah dateng lagi. ARRRGGGH tidaaaakk (teriak lagi makin frusatsi). Untungnya KaDep gw dah ngeprint ulang jadi gw ga perlu nyari tukang ngeprint 2rbu/ lembar (emang sialan tu tukang print). PMI dah dateng tapi surat buat ruangan belum jadi. Bingung gw.. yadah gw palsuin aj ttd tangan orang2 yang dah ada di surat baru hahahah parah banget gw. Dan acara pun mulai tanpa dapat persetujuan dari pihak fakultas dan bisa dibilang acara ini ILEGAL!!!


Selama acara berlangsung pun akhirnya gw sukses pucet pasi, bingung, resah dan gelisah (hahah kaya lagu marshanda), pokoknya gw ga konsen abis takut acara gw ketauan ma orang ke5 a.k.a “pemilik ruangan se-MIPA” dan yang paling gw takutin acara gw bakal dibubarin saat itu juga AARRRGGH tidaaakk (frustasi abis).
Dan hal yang gw takutkan pun terjadi! Orang itu datang dan langsung ngelirik2 ruangan yang gw pake, tapi gw berinisiatif buat ngomong langsung kesalahan yang terjadi, sambil bermaksud mengklarifikasi hal yang sebenarnya terjadi, gw masuk ke ruanganny tu bapak, dan setelah gw buka dengan berkata “ Maaf pak sebelumnya, mungkin bapak tidak berkenan mendengar hal ini, saya dari kimia mengadakan donor da…” dan saat itu juga perkataan gw dipotong ma bapak itu. “ Oh jadi kamu yang bertanggung jawab??” tu bapak dah agak tinggi ngmongnya, belum sempat ngejawab dia dah ngomong lagi “ Tadinya saya mau cari penanggung jawabnya siapa, kalo dah tau ada acara seperti ini sudah saya bilang berulang kali suratnya itu seminggu sebelum acara, kalaupun mendadak bisa 3 hari sebelumnya, ini pas acara berjalan!!. Sudah saya tidak menerima!!” dia ngomong ketus banget sambil tangannya membuat isyarat tuk mengusir. “Sudah sana, nanti saya akan memanggil pengurusnya, dosen, dan pak *****” sambil berlalu pergi tu bapak2. Mati kutu dah gw. Darah makin abis aj ni gw, udah mah tadi barusan disedot PMI, sekarang dibuat turun semua darah ke kaki gara2 lemes disemprot ma petinggi kampus. Dah males teriak, udah 3x teriak “ARRRGGGH tidaaaakk” di entry ini.


Akhirnya gw turun dari ruangan tu bapak2 dengan berjalan lunglai, gontai, dan goyah saking lemesnya darah dah abis, hahaha pasti pucat banget gw rasa muka gw. Tapi yaudahlah acara gw terusin lagi, the show must go on (saddaaap), toh tu bapak2 juga ga jadi ngebubarin acaranya.


Dari jam 9 -12 siang acara gw dapat 73 relawan pendonor dengan rincian 55 berhasil mendonorkan darahnya dan 18 ditolak karena berbagai alasan misalnya, saat ini sedang menkonsumsi obat/ sakit, menstruasi, Hb kurang, dan yang terakhir…. Takut jarum suntik.hahahaah


Buat temen2 yang dah ikutan donor terimakasih a lot, semoga apa yang kalian lakukan bisa bermanfaat bagi rekan2 yang membutuhkan. Aamiiin
Buat bapak “pemilik ruangan se-MIPA” makasih ga membubarkan acara saya, maafkan kesalahan saya ya pak,heeheh

Thax all

3 komentar:

  1. ASTAGAAA
    gw baru tau kalo spearah ini cerita di balik donor darah di MIPA man, hahahaa

    yowiss yg penting jalan lancar, walau gw ga ikut nyumbang karena masuk golongan terakhir (baca: takut sama jarum suntik) hahahaa

    BalasHapus
  2. sep sep din, ntar kalo dah berani lo jadi orang pertama dh yang bakaln donor heheh

    BalasHapus
  3. iya kalo gw dah berani, kalo belum? ngeliatin aja gw deh, hahaa

    BalasHapus